Chip Baru MediaTek Dibekali Modem 5G Helio M70 Terintegrasi

Produsen semikonduktor yang berbasis di China MediaTek minggu ini mengumumkan system-on-chip (SoC) terbarunya dalam acara Computex 2019 di Taiwan. Tidak seperti SoC MediaTek lainnya, SoC dilengkapi dengan modem Helio M70 5G terintegrasi yang mendukung multi-mode. Dengan kata lain, ia dapat terhubung ke jaringan 5G dan jaringan seluler generasi sebelumnya (4G, 3G, 2G) tanpa perlu chip modem yang terpisah.

Ini cukup istimewa karena tidak ada SoC high-end atau mid-range dari produsen lain yang memiliki modem 5G terintegrasi sehingga harus dipasangkan dengan chip modem 5G tambahan. Nama SoC sendiri belum diumumkan. Hanya modem di dalamnya yang dikenal sebagai Helio M70.

Modem Helio M70 5G diklaim mampu memberikan kecepatan unduh hingga 4,7 Gbps dan mendukung jaringan New Radio (NR) 2 Component Carrier (CC) untuk 5G. Selain modem 5G Helio M70 terintegrasi, SoC yang dibuat dengan proses fabrikasi 7nm disematkan dengan CPU Cortex-A77 dan GPU Mali-G77 terbaru, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno dari GSMArena, Sabtu (1/6/2019).

Ada juga AI Processing Unit (APU) untuk memproses tugas yang terkait dengan kecerdasan buatan dan dukungan sensor kamera hingga 80 megapiksel, bersama dengan perekaman video hingga 4K 60 FPS. SoC baru dari MediaTek dijadwalkan akan tersedia secara global pada kuartal ketiga tahun 2019. Sementara produk seluler yang menggunakannya diharapkan akan dirilis tahun depan.

Dinna Cosia