Review Zeiss Batis 135mm f/2.8 : Lensa telefoto ringan berkualitas

Biasanya lensa telefoto berkualitas tinggi selalu berat dan besar, tetapi Zeiss Batis 135mm berbeda. Batis adalah lensa nama keluarga yang dibuat oleh Zeiss khusus untuk kamera Sony E-mount (tanpa cermin). Filosofi Batis adalah bahwa lensa berkualitas tinggi tidak harus besar dan berat & harus praktis digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan.
Tidak seperti lensa Zeiss pada umumnya, Zeiss Batis adalah satu-satunya keluarga lensa Zeiss yang memiliki fungsi autofokus dan memiliki jarak fokus LED panel digital dan ruang tajam. Dari segi fisik, desain lensa Batis lebih condong ke gaya futuristik daripada klasik.
Dibandingkan dengan tren dua-tiga tahun terakhir, sebagian besar produsen lensa bersaing untuk membuat lensa berkualitas tinggi dengan bukaan yang sangat besar, antara f / 2 dan f / 1.8. Zeiss memutuskan untuk membuat pembukaan maksimum f / 2.8 untuk lensa Batis 135mm ini. Alasannya terkait dengan konsep Batis yang menekankan portabilitas.

Dibandingkan dengan lensa fix 135mm untuk DSLR atau mirrorless, Batis 135mm terasa lebih ringan. Berat Batis 135mm adalah 614 gram dan panjang 12 cm tanpa tudung. Meskipun ringan, ini sudah disiangi, jadi fotografer tidak perlu khawatir memotret dalam cuaca buruk seperti hujan.

Fitur unik lain dari Batis adalah memiliki stabilisasi optik pada lensa yang sangat membantu saat memotret dalam kondisi cahaya rendah. Dengan stabilisasi optik pada lensa, saya dapat memotret subjek dengan tajam pada kecepatan rana 1/8 detik secara konsisten.

Dinna Cosia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *