Sigma umumkan kamera full frame Sigma fp

Beberapa hari yang lalu, memang berhembus rumor Sigma akan membuat beberapa lensa baru untuk kamera mirrorless, tapi terjadi hal yang mengejutkan yaitu Sigma mengumumkan kamera kecil dengan L-mount dengan sensor full frame.

Konsep kamera seperti ini termasuk sangat berbeda dengan sekutu Sigma yaitu Leica dan Panasonic yang memilih body kamera yang besar untuk mengincar fotografer enthusiasts dan profesional. Kamera ini bisa dibilang “barebone” alias dibuat sangat simple dan seminimal mungkin. Ukurannya lebih kecil dari buku passport dan beratnya hanya 370 gram tanpa baterai dan memory card.

Uniknya lagi, fp tidak memiliki shutter mekanik, artinya hanya mengandalkan shutter elektronik yang senyap dan tanpa getaran seperti kamera ponsel. Kinerjanya bisa memotret berturut-turut secepat 18 foto per detik, tapi dibatasi buffer yang hanya 12 foto.

Di layar bagian belakang, layar LCDnya sepertinya sangat bagus dengan resolusi 2.1 jt titik terlihat mendominasi. Tidak ada jendela bidik tapi Sigma menyiapkan aksesoris eyepiece untuk membantu di kondisi lingkungan yang sangat terang.

Spesifikasi utama Sigma fp (fortissimo pianossimo : keras dan lembut)

24.6 MP BSI CMOS Full frame sensor
ISO 100-25600, bisa di kembangkan ke ISO 6-102400
Contrast-detect autofocus sampai dengan -5 EV
Video 4K-12 bit, Cinema DNG
Ketersediaan: Musim Gugur 2019
Harga: Masih misteri

Dinna Cosia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *